Minum Kopi Menurunkan Risiko Stroke

Menurut Penelitian: Minum Kopi Memungkinkan Menurunkan Risiko Stroke pada Wanita

Menurut penelitian pada hampir 35.000 wanita yang dipublikasikan di Thursday in Stroke: Journal of the American Heart Association.

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Susanna Larson di Karolinska Institute di Stockholm diikuti para wanita berusia 49 - 83 tahun selama sekitar 10 tahun, bahwa wanita yang minum lebih dari secangkir kopi setiap hari memiliki risiko terkena stroke 22% - 25% lebih rendah, dibanding dengan wanita yang lebih sedikit minum kopi. Lebih lanjut, penelitian menemukan, minum sedikit atau tidak minum kopi ternyata berhubungan dengan naik turunnya risiko terkena stroke.

Beberapa wanita menghindari mengkonsumsi kopi karena mereka berpikir kopi tidak menyehatkan, kata Larson. Kenyataannya, fakta menunjukkan mengkonsumsi kopi yang cukup memungkinkan menurunkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes, liver, kanker dan kemungkinan stroke
Seperti laporan Janice Lloyd untuk USA Today:

Hasil yang sesuai dengan penemuan pada 83.076 wanita the Nurses Health Study di USA tahun 2009. Dalam penelitian tersebut, wanita yang minum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari risiko terkena stroke lebih rendah, dibanding dengan wanita yang minum kopi kurang dari secangkir sebulan. Penelitian membedakan kelompok kopi berkafein dengan kopi tanpa kafein; kelompok tanpa kafein memiliki risiko stroke lebih sedikit. Penelitian wanita di Swedia tidak ditanyakan apakah mereka minum decaf (kopi tanpa kafein) atau kopi biasa, tetapi kebanyakan orang Swedia minum kopi ber-kafein.

Penelitian baru-baru ini yang diikuti peserta the Swedish Mammography Cohort, penelitian jangka panjang difokuskan pada hubungan diet, gaya hidup dan penyakit. Peneliti mengumpulkan data para wanita antara tahun 1998 - 2008. Terdapat 1.680 kasus stroke selama periode waktu tersebut, dengan berkurangnya risiko diantara wanita yang minum kopi. Jumlah wanita yang minum kopi lebih dari satu cangkir tidak mengurangi risiko lebih lanjut, maka dari itu, wanita yang minum lima cangkir atau lebih memiliki penurunan risiko stroke yang sama seperti wanita yang minum satu atau dua cangkir, dibandingkan wanita yang lebih sedikit minum kopi dan tetap ada hubungan setelah peneliti menambahkan catatan perokok, peminum, berat badan, diabetes dan tekanan darah.

Mengapa kopi memungkinkan menurunkan risiko stroke belum jelas, tetapi peneliti berspekulasi bahwa mungkin menurunnya radang atau meningkatnya resistensi insulin, yang mungkin membantu menurunkan risiko terkena stroke.

Seperti yang ditunjukkan para ahli lainnya, ini juga tidak jelas bahwa risiko stroke berkurang ada kaitannya dengan kopi. HealtDay melaporkan: Problem jenis penelitian ini, ada banyak faktor tak terhitung dan yang berkaitan tidak membuktikan hubungan sebab akibat, kata Dr. Larry B. Goldstein, direktur Duke Stroke Center di Duke University Medical Center.

Subyek ditanyai mengenai konsumsi kopi mereka di masa lalu dalam daftar pertanyaan dan kemudian diikuti dari waktu ke waktu. Tak ada cara untuk mengetahui bila mereka telah mengubah perilaku mereka, kata Goldstein.

Dan dia mencatat, tidak ada kontrol atas obat yang digunakan atau potensi lain selain faktor-faktor yang tak terukur.

Kabar baik bagi pecandu kafein bahwa akhirnya minum kopi tidak meningkatkan risiko terkena stroke pada wanita.

0 Response to "Minum Kopi Menurunkan Risiko Stroke"

Poskan Komentar

Powered by Blogger